Berita Kegiatan Kampus

#

Mahasiswa KKN Unisa Buat Varian Rasa Baru Rengginang 

UNISA,- KKN Kelompok 4 Universitas Islam Al-Ihya Kuningan berikan inovasi kepada pelaku UMKM Desa Bayuning Kecamatan Kadugede, Kuningan. Inovasi tersebut berupa pemberian varian rasa, hingga pemasaran.   

Ketua Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unisa Kuningan, Eka Maolana menerangkan, UMKM di Desa Bayuning cukup banyak. Berdasarkan hasil observasi, pihaknya menyebutkan beberapa industri rumah tangga yang menjadi sorotan, diantaranya Gemblong, ada juga Kripik Singkong, Rengginang, Rempeyek Rebon, Kripik Bayem, Koecang, Pempek, Kripik Pisang, dan Kripca.  

"Aktivitas dan kreatifitas masyarakat Desa Bayuning hebat, terbukti dengan banyaknya jenis UMKM di sana. Akan tetapi kami melihat masih ada kekurangan, baik dalam produksi maupun pengelolaannya,” jelas Eka, Rabu (10/9/2021). 

Berdasarkan hal tersebut, pihaknya mencoba memberikan inovasi kepada pelaku UMKM agar usaha yang dijalani semakin berkembang. Ia mengungkapkan, terdapat dua jenis produk yang kini sedang digarap, yaitu Rempeyek Rebon dan Rengginang. 

“Selain cukup banyak diminati, Rengginang dan Rempeyek Rebon memiliki rasa yang unik dan khas. Terutama, rempeyek yang umumnya memakai bahan baku kacang-kacangan, tetapi ini memakai rebon dan di sinilah letak keistimewaannya,” jelasnya kembali. 

Lebih lanjut ia menerangkan, inovasi yang dilakukan untuk dua produk tersebut diantaranya,  membantu produksi, mendesain, membuat stiker logo, dan memberikan edukasi pemasaran via marketplace dan media sosial. Bahkan untuk Rengginang, ditambahkan beberapa varian rasa, seperti original, coklat, keju, strawberi, balado, greentea, dan pedas. 

"Sedikit inovasi dari KKN Unisa ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pemilik UMKM Desa Bayuning. Semoga apa yang telah kami lakukan dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan omset dari bisnis yang dijalankan,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kasi Kesra Desa Bayuning, Ujang mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi setiap program KKN Unisa Kuningan. Menurutnya, inovasi yang dicurahkan juga membantu pekerjaan Pemerintah Desa dalam program Desa Mandiri Melalui Peningkatan Ekonomi UMKM. 

"Terimakasih saya ucapkan kepada mahasiswa Unisa Kuningan. Saya merasa senang, berkat kehadiran KKN Unisa sedikitnya telah membantu kami dalam mengembangkan program-proram atau rencana dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa bayuning,” ungkapnya. (Humas)

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #